Welcome To My Blog

Senin, 23 Maret 2015

Madu Terbaik untuk Kesehatan

Kenali berbagai jenis madu yang baik untuk kesehatan.

Madu Terbaik untuk KesehatanCairan madu (Thinkstockphoto)
Selain rasanya yang manis, madu memang digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan serta mengobati berbagai macam penyakit. Namun, di antara beragam jenis madu, ada jenis madu dengan manfaat terbaik untuk kesehatan. 
 “Di manapun ada kehidupan para lebah, maka di situ madu dihasilkan. Maka beruntung bagi masyarakat sekitar bisa memanfaatkan madu bagi kelangsungan hidupnya,” ujar Mochammad Chandra Wijaya selaku Ketua Bidang Produksi Asosiasi Perlebahan Indonesia.
Di antara beragam jenis madu, inilah jenis madu dengan manfaat terbaik untuk kesehatan:
  1. Madu Beech Honeydew. Dua jenis kumbang yang ada di Selandia Baru dan hanya hidup di sekitar pohon-pohon beech merah dan hitam dapat memproduksi suatu jenis zat kaya akan gula bernama honeydew. Kemudian, di sana terdapat sejenis lebah yang selalu memakan zat gula dan menggunakannya untuk membuat madu yang disebut beech honeydew. Tekstur madu jenis beech honeydew ini berwarna gelap dan cairannya kental seperti bubur.
  2. Madu Bunga Heather. Madu bunga heather merupakan sejenis madu yang biasa dihasilkan oleh lebah yang hanya memakan nektar dari varietas bunga heather di Skotlandia. Sarang lebah madu yang satu ini terlihat cukup tebal, rasanya juga sangat manis, dan sarang lebah ini bisa meleleh di dalam mulut saat dimakan. Di Skotlandia kita bisa dengan mudah untuk membeli salah satu jenis madu terbaik di dunia ini, tapi akan sangat sulit atau bahkan hampir mustahil untuk dapat membelinya di tempat lain.
  3. Madu Hymettus. Madu Hymettus merupakan jenis madu berasal dari gunung Hymettus yang ada dekat daerah Athena Yunani. Madu jenis ini sudah populer sejak lebih dari 3.000 tahun silam dan menjadi salah satu dari 5 jenis madu terbaik di dunia saat ini. Gunung Hymettus menjadi habitat bagi lebah yang menghasilkan jenis madu ini. Lebah ini hanya memakan satu jenis nektar bunga saja, yaitu sejenis bunga thyme. Sarang madu yang dihasilkan oleh lebah ini sangat tipis dan mempunyai bintik-bintik gelap di bagian dalamnya. Orang Yunani sejak zaman dulu selalu mengkonsumsinya dengan cara menuangkan madu pada yogurt tawar untuk dijadikan makanan penutup.
  4. Madu Manuka. Jenis madu ini bisa mengobati berbagai penyakit seperti luka bakar pada kulit, gangguan pencernaan, dan lainnya. Madu jenis manuka berasal dari nektar bunga semak manuka di Selandia Baru. Warna madu manuka ini gelap, akan tetapi rasanya sangat lezat dan manis. Karena manfaat madu ini yang luar biasa, maka madu Manuka termasuk salah satu jenis madu terbaik di dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar