Welcome To My Blog

Senin, 23 Maret 2015

Pesona Pantai-pantai Bali Ternyaman

Pantai memang menjadi atraksi utama bagi turis yang berkunjung ke Bali. Dari mulai pasir yang putih, hingga terbenamnya matahari menjadi daya tarik tersendiri.

Pesona Pantai-pantai Bali TernyamanPantai Green Bowl; Ketika pantai ini sedang mengalami surut, karang-karang yang berbentuk seperti mangkuk terbalik akan terlihat. Itulah asal mula nama Green Bowl. (Alfath Arya N.)
Beberapa waktu yang lalu, saya menyempatkan diri untuk backpacking ke Bali bersama seorang kawan saya. Disana, kami berburu pantai yang kami anggap masih jarang diketahui turis, dan lebih sepi dari Pantai Kuta pastinya. Dari hasil pencarian di berbagai sumber, saya dan teman saya berhasil mengunjungi 4 dari 10 pantai yang akan saya paparkan dibawah ini. Selamat membaca.
1. Pantai Green Bowl
Pantai ini merupakan pantai yang paling saya sukai. Datanglah ke pantai ini pada siang menjelang sore hari, dan Anda akan dimanjakan dengan indahnya deburan ombak sejernih kristal yang menyapu pesisir pasir putih serta tiupan angin pantai yang menyejukkan. Tetapi seandainya Anda merasa matahari masih terlalu membakar, silahkan berteduh didalam goa karang yang terdapat disana. Satu hal yang menarik adalah, pantai ini mendapat nama "Green Bowl" karena ketika airnya surut, disana terdapat pekarangan yang berbentuk seperti mangkuk terbalik yang dilapisi lumut.
2. Pantai Bias Tugel
Jika Anda mencari sebuah pantai yang sepi dan tidak banyak penghuni, maka pantai ini sempurna. Terletak tidak jauh dari Pelabuhan Padangbai, Pantai Bias Tugel merupakan sebuah pantai terpencil yang belum banyak diketahui turis asing maupun domestik. Ketika saya dan kawan saya ke pantai tersebut, pengunjung yang sedang bermain disana sangatlah sedikit, bahkan bisa dihitung pakai jari. Akses ke pantai ini juga terbilang rumit. Dari tempat parkir kendaraan, kami diharuskan untuk berjalan menempuh popohonan yang sedikit terjal untuk mencapai pantainya.
3. Pantai Balangan
Bisa dikatakan kalau pantai tersebut adalah salah satu pantai di Bali yang sedang naik daun, dilihat dari jumlah turis yang berkunjung. Pantai yang terletak di daerah Kuta Selatan ini sudah memiliki sebuah penginapan juga penyewaan sunlounger yang tertata rapi. Menurut saya, pantai ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati sunset indah di pulau Dewata dan juga untuk berlatih surfing.
Pantai Balangan; Pantai yang ...Pantai Balangan; Pantai yang sedang naik daun karena ombaknya yang merupakan daya tarik utama bagi para peselancar. (Alfath Arya N.)
4. Pantai Pandawa
Mungkin pantai pandawa termasuk yang paling ramai pengunjung di daftar ini, tetapi cobalah Anda bergeser ke pantai sebelah timur, karena suasananya jauh lebih tenang daripada di tengah. Pantai Pandawa memiliki ombak yang tidak deras, oleh karena itu pantai tersebut dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut. Berbeda dengan pantai lainnya, di sekitar pantai Pandawa terdapat rental kayak alih-alih papan surf.
5. Pantai Suluban
Bergeser ke Desa Pecatu yang terletak di wilayah selatan kabupaten Badung, Anda bisa mengunjungi Pantai Suluban. Seperti namanya yang berasal dari bahasa Bali yang berarti "lewat dibawah sesuatu", untuk mencapai Pantai Suluban kita diharuskan untuk menuruni tangga diantara 2 tebing. Walaupun tidak terlalu luas, pantai ini memiliki ciri khas yaitu diapit dua tebing karang yang cukup tinggi sehingga membuat pantai tersebut cukup tersembunyi.
6. Pantai Amed
Berlokasi di timur laut pulau Bali, Pantai Amed merupakan pantai berpasir hitam yang disebabkan oleh zat-zat vulkanik yang terdapat di sekitaran pantai. Selain pasir hitamnya, Pantai Amed juga merupakan sebuah pantai yang memiliki tempat untuk snorkeling karena tidak jauh dari pantai terdapat pekarangan bawah laut.
7. Pantai Perasi
Dikenal dengan julukan "Virgin Beach", pantai yang masih jarang pengunjung ini berada di sebelah timur pulau Dewata, kabupaten Karangasem, dan dapat ditempuh selama 1 hingga 1,5 jam berkendara dari Denpasar. Hamparan pasir pantai yang cukup luas memungkinkan Anda untuk sekedar berjemur atau bermain pasir, juga menikmati minuman-minuman pelepas dahaga yang disajikan oleh warung di sekitar pantai.
8. Pantai Padang Padang
Jika Anda adalah seseorang yang menggemari selancar atau surfing, maka pantai tersebut sangatlah cocok untuk memenuhi kebutuhan berselancar. Terkenal dengan ombak dan wave tube-nya, Pantai Padang Padang sering dijadikan tempat perlombaan selancar yang diadakan hampir tiap tahun oleh brand-brand pakaian surfing internasional.
9. Pantai Tegal Wangi
Selain berbagai macam sajian kuliner lautnya, Jimbaran juga memiliki keindahan pantai yang cukup tersembunyi, yaitu pantai Tegal Wangi yang terletak di wilayah Desa Adat Jimbaran. Untuk mencapai pantai tersebut, kawan Traveler diharuskan untuk menuruni lereng dengan jalan setapak terlebih dahulu. Jika anda beruntung, pantai Tegal Wangi memiliki "bathtub" alami yang bisa kawan Traveler gunakan ketika air laut sedang surut.
10. Pantai Geger
Pantai Geger merupakan pantai yang ditengahnya dipisahkan oleh Pura Geger. Pantai bagian timur memiliki banyak warung dan penyewaan sunlounger, sementara pantai bagian barat bersifat lebih private karena di bagian ini sebenarnya dimiliki sebuah hotel yang terdapat disana, sehingga pengunjungnya pun lebih sedikit dibandingkan pantai bagian timur.
Bias Tugel; Pantai yang masih ...Bias Tugel; Pantai yang masih sangat sepi pengunjung ini berlokasi di dekat Pelabuhan Padang Bai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar