Welcome To My Blog

Senin, 23 Maret 2015

Rutin Konsumsi Cokelat, Bermanfaat Bagi Tubuh

Mengonsumsi cokelat secara rutin memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Rutin Konsumsi Cokelat, Bermanfaat Bagi Tubuh (Thinkstock, ilustrasi)
Cokelat, atau Theobroma cacao dalam bahasa Latin, telah mulai dikonsumsi sejak berjuta tahun lalu dan telah mulai dibudidayakan sejak tiga milenia lalu di Selatan Amerika. Cokelat pada awalnya digunakan sebagai minuman dan sebagai bahan makanan.
kebanyakan cokelat yang dikonsumsi di zaman ini berupa cokelat manis, yang merupakan kombinasi dari cokelat dan gula. Dalam penelitian selanjutnya, cokelat diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sally Scroggs dari University of Texas and Cancer Preventation Center di Houston mengatakan: "Cokelat tidak hanya dipakai sebagai simbol kasih sayang, rasa senang dan hasrat, tapi sekarang cokelat juga bisa dikategorikan sebagai atribut kesehatan karena produk cokelat mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi sedikit cokelat hitam lebih baik daripada mengkonsumsi softdrinks ataupun donat."
Beberapa manfaat mengonsumsi cokelat bagi tubuh adalah:
  1. Banyak orang mengatakan jika mereka sedang mengalami hari yang buruk, maka makanan yang mereka cari adalah coeklat. Setelahnya, mereka akan merasa lebih lega dan tenang. Hal itu disebabkan karena coeklat mengandung zat theobromine, yang menstimulasi sistem saraf dan jantung sehingga mampu meredakan stres dan rasa sedih. Orang yang mengonsumsi cokelat secara rutin memiliki tingkat stres lebih rendah daripada orang yang tidak.
  2. Cokelat dengan kandungan kokoa lebih dari 70% telah terbukti berhasil mencegah penyakit stroke dan tekanan darah tinggi. Kokoa mengandung antioksidan cathecins dan phenols. Antioksidan tersebut yang mencegah tubuh dari kanker dan penyakit jantung.
  3. Kokoa pada cokelat juga terbukti berhasil mencegah tubuh rentan terhadap diabetes, hipertensi, nyeri sendi, dan meredakan sindrom PMS pada wanita.
  4. Cokelat mengandung bermacam-macam vitamin seperti vitamin A, B1, C, D dan E. Masing-masing memiliki manfaat yang mencegah kerusakan pada mata, bermanfaat untuk fungsi syaraf, membantu penyerapan zat besi, fosfor, kalsium, mencegah kerusakan pada gigi dan gusi, dan juga membantu kelancaran sirkulasi darah.
Hal yang perlu diketahui dalam mengonsumsi cokelat adalah, semakin sedikit lemak yang terkandung dalam kokoa padat, semakin banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar